Buku Harian Kehidupan

Cara mudah membuat artikel untuk web

Beberapa dari kita tidak terbiasa menulis, ya sebenarnya kata “beberapa dari kita” itu sebagai pengganti kata saya. Diralat menjadi, “Saya tidak terbiasa menulis”. Programming terasa lebih mudah jika sudah tertanam di otak daripada menulis. Kalau programming kita sudah tau logicnya, kita sudah tau how to-nya kita sudah tau situsnya untuk referensi, kita sudah tau keywordnya utk googling, terasa lebih mudah. kalau menulis blog? Hmmmm…. seakan menjadi runyam apalagi hal yang ditulis bukan keahlian kita, dan kita terpaksa membuat tulisan tersebut karena tuntutan unttuk membuat content web.

Tapi saya jadi teringat ketik dulu SMA kursus bahasa inggris di ALI(diplesetkan, supaya tidak berbau promosi). Gurunya mengajarkan tentang trik mudah membuat tulisan, alternatifnya ada dua yaitu:

  1. Membuat struktur tulisant terlebih dahulu
  2. Atau teknis menulis dengan cara mengalir

Cara pertama mungkin adalah cara yang formil dan untuk bidang yang telah kita kuasai. Struktur tulisan dibuat setelah menentukan tema dan judul, kemudian disusun masing-masing paragraf apa yang ingin kita utarakan. Saya menggunakan cara ini jika benar-benar sudah memahami apa yang akan saya tulis.

Kalau belum bisa menggunakan cara yang kedua, cara ini lebih kepada orang dengan pengetahuan yang terbatas tentang apa yang mau dia tulis. Tulis saja poin-poin yang diketahui dan ingin diutarakan. Ketika tulisan sudah banyak tinggal disusun ulang dan di rapihkan, yang pasti susun ulang alur penulisa, jangan ngalor-ngidul-ngalor-ngidul, kalau bisa dijadikan dari ngidul terus ngalor, titik.


Kemudian teknik terakhir adalah teknik rewrite article secara manual agar lebih enak dibaca, kalau ini cara saya sendiri. Caranya adalah dengan tidak berpangku pada kata perkata, ambil poinnya untuk tiap-tiap kalimat, kalau itu terlalu detail ambil poinnya untuk tiap paragraf. Tulis poin tersebut dalam list, kemudian tulis ulang berdasarkan knowledge yang sudah anda dapatkan setelah membaca.

Teknik menulis ulang artikel untuk konten web ini ada dua alternatif,

  1. Yang pertama jika anda hanya mau menulis ulang artikel tersebut agar terlihat original “dimata” search engine
  2. Yang kedua jika anda menulis ulang dengan tujuan memperkaya informasi di artikel tersebut atau mengubah susunannya agar lebih enak dibaca.

Kalau anda memiliki goal rewrite article dengan tujuan yang kedua tentu lebih sulit dari tujuan yang pertama, karena anda tidak hanya mengambil point-nya saja tapi harus mengelaborasi berdasar keinginan anda. Tentu anda harus memiliki dasar pengathuan dibidang yang akan ditulis tersebut atau anda harus memiliki dua sumber artikel untuk kemudian diambil point pentingnya dan ditulis ulang kembali seperti teknik pertama.

Teknik rewrite artikel yang mudah ini akan sulit jika kita tidak berpikir dengan alur point-point per paragraf atau tidak berpikir tentang susunan tulisan secara terstruktur.

Advertisements
Standard

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s