economy

Interview Dengan Fung Fuk Lestario Mengenai Cara Mengukur Valuasi Startup dan Perjalanannya dalam Membangun Lazada | Startupbisnis.com

Untuk mengukur valuasi startup yang masih berada di tahap awal itu relatif cukup mudah karena belum ada metode menghitung valuasi startup secara kuantitatif, kebanyakan masih menggunakan metode kualitatif. Faktor pertama untuk menghitung valuasi adalah founder. Dan yang kedua adalah luasnya market yang akan dilayani serta strategi yang dibutuhkan untuk masuk ke market tersebut. Pada umumnya ketiga elemen itu dibutuhkan untuk mengukur valuasi startup, yaitu founder, market, dan bisnis model.

Kompetisi juga merupakan faktor yang menentukan valuasi, tetapi tidak sepenting founder, market, dan bisnis model. Faktor yang utama tetap sang founder yang ada dibalik startup itu.

Sebagian besar startup itu mati karena diri sendiri, bukan dibunuh oleh kompetisi. Biasanya terjadi karena mereka terlalu optimis dengan idenya, eksekusinya yang melempem, dan perpecahan antara co-founder. Data menunjukkan bahwa 90 persen startup mati dalam waktu tiga tahun.

via Interview Dengan Fung Fuk Lestario Mengenai Cara Mengukur Valuasi Startup dan Perjalanannya dalam Membangun Lazada | Startupbisnis.com.

Advertisements
Standard

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s