economy

The @Sedapur Lean Startup Story : Bagaimana Menjual Produk yang Tidak Pernah Ada Sebelumnya | Startupbisnis.com – Part 3

Kalau belajar dari lean Startup sendiri anda harus memiliki ide terlebih dahulu. Untuk membuat ide itu sendiri, anda juga tidak perlu membuat sistem yang telah jadi atau sistem yang paling sempurna. Jadi, satu-satunya cara adalah sesegera mungkin anda melempar ide tersebut langsung pada market. Kalau di lean Startup ada contoh misalnya anda memiliki follower sebanyak 20 orang, anda bisa mencoba untuk memberikan tester kepada mereka. Lalu, jika ke-20 orang tersebut menyukai maka kita bisa memulai untuk menyebarkan undangan yang sebenarnya.

Biasanya, dari 20 orang itu kita telah mendapatkan berbagai advice maupun masukan. Untuk pengalaman kita sendiri di Dapur Masak, kita bawa produk dan meminta orang lain mencobanya. Nantinya, kita hanya perlu menunggu komentar orang tersebut. dari situlah, kita bisa mengambil kesimpulan apa yang sebenarnya customer inginkan. Namun, kita sendiri tidak cukup mendatangi satu orang saja. Kita harus mendatangi sejumlah orang untuk mendapatkan apa yang sebenarnya customer inginkan. Setelah itu, anda sendiri pastinya memiliki ide, lalu anda bisa mencoba untuk melakukan test dan mempelajari ide tersebut. kemudian, anda bisa membangun produk lalu menunggu hasil vote orang lain.

Dari situlah, siklus pun akan selalu berjalan, yaitu Build – measure – learn “feedback loop”. Jadi, build adalah membuat coding sesegera mungkin supaya anda dapat melakukan test kepada user. Kemudian, anda pun perlu mengukur. Setelah mengukur itulah, anda pun dapat belajar. Itulah yang menjadi pengalaman kita setahun pertama di Sedapur. Di Sedapur, kita menemukan apa yang sebenarnya dibutuhkan customer dan merchant yaitu market yang ingin mencoba produk mereka. Sementara di Dapurmasak kita melihat sebagai tempat jejaring sosial di mana mereka bisa berbagi pengalaman memasak.

via The @Sedapur Lean Startup Story : Bagaimana Menjual Produk yang Tidak Pernah Ada Sebelumnya | Startupbisnis.com – Part 3.

Advertisements
Standard

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s