Buku Harian Kehidupan

Why Gen Y? : dudukBERSILA

Why Gen Y? : dudukBERSILA.

Kaum Millennials yang saat ini sudah melewati masa pendidikan, alias sudah bekerja, mengutamakan sesuatu bernama work-life balance. Mereka akan berusaha untuk menyelesaikan setiap pekerjaan pada jam kerja, kemudian akan menggunakan waktu di luar itu untuk hang out dengan teman-teman, traveling, atau sekedar duduk di kafe dan membaca buku. Lembur bukanlah hal yang familiar bagi mereka, dan sedapat mungkin tidak dilakukan. Jika generasi sebelumnya mengenal istilah work hard play hard, istilah yang lebih dikenal oleh Millennials adalah work smart play smarter.

Dan mereka pun dicap sebagai pemalas dan hedonis.

Mungkin kita masih ingat pada masanya, orangtua mengeluhkan kita yang pembangkang karena tidak mau langsung menuruti apa yang dikatakan orangtua. Orangtua menuntut kita untuk bekerja dan hidup mapan, di mana hal ini dikaitkan dengan pekerjaan kantoran dan freelance bukanlah pilihan. Orangtua menuntut untuk segera menikah setelah menyelesaikan jenjang pendidikan, di mana kita justru sedang sibuk dan menikmati mengejar karir.

Kita pun gerah karena merasa orangtua ketinggalan jaman. Kita merasa tidak dipahami.

Lalu… kita melakukan hal yang sama sebagaimana yang dilakukan oleh orangtua kita dulu, kepada kaum Millennials?

Satu hal yang kadang kita lupa. Tiap generasi memiliki karakteristik yang unik, yang mungkin berbeda, dari generasi yang sebelumnya. Hal ini sedikit-banyak dipengaruhi oleh lingkungan di mana mereka tumbuh dan berkembang pada saat itu.

Ada karakteristik positif yang terlupakan, karena seolah tertutupi oleh karakteristik negatif. Yang kadang hanya merupakan hasil dari interpretasi kita pribadi.

Generation gap, adalah hal yang wajar terjadi.

Advertisements
Standard

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s