Buku Harian, economy

Karena Marketnya Memang Ada

Om BP berjualan BM second dengan harga yang lebih mahal dari harga pasaran. Tapi tetap laku, kenapa?

  1. Karena pasar fanatik terhadap produk BM memang ada.
  2. Karena reputasi om BP dikalangan pencinta BM sudah terbentuk.

Sebenarnya bukan bagaimana menjual barang dengan harga termurah, tapi menjual barang yang terjamin karena reputasi si penjualnya. Dua alasan di atas adalah hal yang masuk akal dan saling menguatkan, walaupun alasan harga murah lumrah menjadi salah satu pertimbangan customer tapi dalam hal ini ada segmen yang tidak mementingkan selisih harga dan lebih mementingkan kualitas barang karena dijual oleh orang yang memiliki reputasi.

So,, reputasi menjadi salah satu faktor penting dalam menjual. Reputasi menjadi tool untuk meleverage penjualan, lalu pertanyaannnya bagaiman membangun reputasi ketika menjual?

  1. Reputasi butuh waktu, sharing kebaikan kita dalam satu bidang. Dengan begitu perlahan reputasi akan terbentuk.
  2. Uang. Uang di sini bukan untuk branding, ini bukanlah perusahaan besar yang punya dana bezaarrrr untuk iklan agar produknya laku. Uang di sini untuk membangun infrastruktur bisnis agar si pemilik bisnis benar-benar terlihat serius dibisnis ini.
    He’s build garage, showroom and website sehingga orang yang melihat benar-benar terkesan dengan bisnisnya. Ujung-ujungnya reputasi.

Hal sederhana seperti ini yang perlu saya tiru. REPUTASI.Apakah itu equal dengan brand awarness pada merek-merek mahal? Sepertinya iya. Kalau sudah punya reputasi pasar akan mengenal dan datang. Bahkan Niche marktet yang disasar om BP pun bisa menghidupi bisnisnya.

Pasar Indonesia begitu besar. Niche merket pun cukup untuk sebuah skala bisnis kecil karena pasar keseluruhannya cukup besar.

Lalu, BAGAIMANA SAYA MEMBANGUN REPUTASI?

Advertisements
Standard

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s