Buku Harian Wordpress

Tergeted Customer itu Mahal Jendral!!!

Seminggu ini mulai berexperiment dengan Adwords. Dan damn shitt… mahalnya traffic itu. Saya set ke ads untuk search ads yang hanya tampil dihasil pencarian Google. Set ADS dua buah, yang satu dengan Max CPC di 1500 dan yang satu di 7000. Yang 7000 lebih baik rata-rata posisinya, bisa di satu koma sekian dan selalu kena limit harian.

You tau ini keyword yang peminatnya nggak banyak dan susah generate money dari keyword ini. Rata-rata pesaing web ini adalah situs besar yang kemungkinan besar mereka juga nggak dapet uang langsung dari konversi iklan ini, tapi hanya untuk membranding situs ecommerce mereka.

Dan saya ikut bermain di keyword tersebut padahal saya kira persaingannnya rendah. Kembali lagi ke masalah set Ads, masing-masing Ads saya set keywordsnya tidak sampai 20 padahal minimal jumlah keyword yang dianjurkan adalah 20. Kenapa tidak banyak? Karena saya hanya ingin yang benar-benar mengena, bukan untuk branding.

Impactnya tidak ada setelah campaign di adwords. Ada beberapa kemungkinan:

  1. Budget iklannya terlalu kecil padahal pesaing di adwords utk keywords tersebut kakap semua.
  2. Pasar yang dituju untuk transaksi memang terlalu kecil juga.
  3. Orang tidak yakin dengan layanan kita.

So,,, kalau kita mau berjualan online entah itu services or goods dengan budget terbatas maka mengandalkan traffic dari iklan CPC adalah salah jika tidak dipikir convertion-nya dari awal. Budget iklan berapa dan profit per pertransaksi berapa, sehingga didapat target berapa penjualannya.(TEORI!)

Nyatanya mayoritas usaha kecil tidak memulai dari hitung-hitungan seperti itu, dan ketika sudah mulai beriklan baru deh ketemu masalahnya πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€

So,, another path is BUILD your own ORGANIC TRAFFIC. Organic traffic yang kadang nggak bernilai, apalagi jika dipasang adwords berisi advertiser Indo yang nilai CPC-nya hanya sekain penny saja mungkin bisa kita maksimalkan dengan berjualan. Memancing potential customer dengan knowledge, dan targetkan sekian persen dari mereka untuk berbelanja.

Costnya adalah untuk create content, tapi yang jelas content berkualitas bukan hanya seperti website kacangan copas. Dengan begitu akan muncul trust dari visitor.

Sebagai gambaran periode Mingguan saat ini dan estimasi menurut perhitungan google:

  • Saat ini budget Rp 707.000 menghasilkan 198 clicks
  • Estimasi jika diturunkan jadi 527.000 hanya akan menghasilkan 149 clicks
  • Estimasi jika dinaikkan jadi 1.257.000 hanya akan menghasilkan 358 clicks
  • Estimasi jika dinaikkan jadi 1.907.000 hanya akan menghasilkan 528 clicks

Itu biaya perminggu. Imagine hampir dua juta perminggu hanya menghasilkan 528 potential buyer,,,,, potensi belum real buyer. Berapa persen dari potensi itu yang bisa nyantol ke transaksi? Berapa profit yang harus di set pertransaksi? Kalau sudah begini jika dipikir, piramida tertinggi dalam bisnis ecommerce adalah……….. Penyedia platform iklan. That’s way,, seiring dengan naiknya aktifitas ecommece suatu negara, di situlah mbah Gugel memanen hasil.

So itulah kenapa Project Loon bersedia membangun internet di Indonesia gratis…. (Kok jadi melebar gini pembahasannya) πŸ˜›

Advertisements
Standard

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s