Buku Harian

Gojek investment

Dana investasi yang telah diinjeksi ke Go-Jek sejauh ini sudah mencapai angka di atas $100 juta atau sekitar Rp1,4 triliun dengan kurs Rp14.000/dolar AS. Seorang fund manager senior yang berada di lingkaran investor Go-Jek bahkan menyebut angka lebih fantastis lagi, sekitar $150 juta atau sekitar Rp2,1 triliun.

Komen:

  • Yup benar investor beli data bukan hanya profit sesaat malah satu data berisi email, alamat dan id CC ditingkat affiliate berharga dengan kisaran 9-36$ tergantung negara, lihat saja gojek 5juta installer 40% nya masukkan CC sebagai aktif user…. valuasi kasarnya dah kelihatan
  • yg dicari investor adalah investasi jangka Panjang yaitu Exit-nya (IPO atau akuisisi), mereka berani invest besar krn duitnya banyak dari hasil IPO investasi startup sebelumnya, contoh kecil Alibaba, ini persh dulu dpt dana investasi $20 juta dari softbank, dan skrng bisa kita lihat begitu IPO alibaba, softbank dpt kucuran dana segar Milyaran Dollar dari nilai penjualan saham Alibaba saat IPO.

    tapi ya begitu kalo mau jadi investor startup harus SABAR meniunggu 5-10 tahun ke depan, tergantung progress persh tsb juga sih, namanya perusahaan start up ibarat membesarkan anak sendiri gak perlu itung2an jangka pendek,tapi investasi masa depan, “balik modal”-nya kalo anak kita sudah sukses dan membanggakan ortu hehehe….

  • saat ini bisnis tsb keuntungannya bukan uang…tapi jaringan manusia baik sopir, pelanggan dan datanya…… itu lebih mahal
Advertisements
Standard

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s