economy

Beda RPM dan CPM Dalam Laporan Pendapatan Pengiklan

Dalam program kemitraan pengiklanan seperti Google Adsense ataupun Instant Artikel Facebook terdapat kolom laporan CPM, namun jangan salah jika anda teliti anda akan menemukan kolom laporan yang menuliskan RPM. Lalu apa beda diantara keduanya?

RPM adalah kepanjangan dari Revenue per thousand impression. Intinya adalah inim merupakan angka rata-rata penghasilan yang didapat setiap kali iklan tayang sebanyak seribu kali. Contoh jika nilai RPM pada kolom laporan kita terdapata angka $0.15, artinya adalah setiap 1000 kali iklan anda tampil maka anda akan mendapatkan earning sebesar $0.15 dan jika jumlah tayang iklan anda berjumlah 2000 kali dalam sehari maka earning yang akan anda dapatkan adalah  $0.3, dan seterusnya.

Dalam bahasa Indonesia RPM(Revenue per thousand impression) disebut dengan PPS(Pendapatan per seribu tayangan), Sumber Google Adsense Support.

Namun bagaimana sebetulnya maksud dari tayangan(impression) itu? Tayangan itu dihitung setiap permintaan iklan yang menampilkan setidaknya satu iklan ke situs. Nah lo bingung kan? Gini,, kalau dalam satu halaman web kita ada 3 ads unit berarti setiap halaman dibuka akan dihitung 3 tayangan(impression).

Lalu apa itu CPM? CPM(Cost per 1000 impressions) dalam bahasa Indonesia disebut dengan BPS(biaya per seribu tayang), yang artinya adalah Pengiklan(Advertiser di Adwords)  yang menjalankan iklan menetapkan harga yang diinginkan per 1000 kali penayangan iklan. Yang sebelumnya juga perlu memilih penempatan untuk menampilkan iklan, dan membayar setiap kali iklan tampil.

Lalu dari sisi publisher Adsense ini berarti akan ada earning setiap kali iklan CPM ditayangkan pada website. Iklan CPM bersaing dengan iklan CPC dalam lelang iklan Adwords, sehingga hanya iklan berkinerja terbaik akan ditayangkan pada sebuah halaman website. Pengiklan harus menawar CPM lebih tinggi daripada CPC yang ada untuk menampilkan iklan.

Jadi kesimpulannya adalah: RPM lebih merupakan penekanan angka Publisher(yang menampilkan iklan), sedangkan CPM merupakan angka patokan  kepada pemasang iklan(di Adwrods atau program iklan lainnya seperti FB ads).

Standard

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s