economy

Tips Menurunkan biaya CPC Google Adwords – 1

Dalam upaya menrunkan biaya CPC Google Adwords ada dua parameter yang saya lakukan perubahan. Pertama adalah Tingkat pencocokan kata kunci, dari yang sebelumnya Broad Match menjadi Exacth match.

Kemudian yang kedua adalah perubahan set maximum daily budget.

Saya belum tahu pasti dari perubahan kedua hal tersebut mana yang benar mempengaruhi penurunan nilai CPC. Yang pasti saya menyadari ketika akan menurunkan maximum daily budget dari Rp 50.000 perhari menjadi Rp 40.000 perhari akan terjadi penurunan jumlah klik hariannya. Dan itu memang terbukti.

Jika dibandingkan dalam time frame mingguan. Terdapat penurunan jumlah klik sebesar kurang dari 20% antara sebelum dan sesudah perubahan seting maximum daily budget.Namun ada perubahan lain sebagai dampaknya, dan ini dampak yang bagus.

Yaitu terjadinya penurun nilai rata-rata CPC Adwords dan rata-rata posisi iklan. Artinya dengan penurunan budget harian sebesar 20% dan pengetatan sasaran kata kunci maka ada peningkatan performa pada nilai CPC dan posisi iklan di halaman hasil pencarian Google(bagus). Namun nilai CTR juga menurun hampir 2%(jelek).

Penurunan nilai CTR(jelek) agak berlawanan dengan kenaikan dua paramater lainnya(bagus). Analisa saya bisa jadi itu akibat pengetatan target kata kunci dari broad match menjadi exacth match. Sehingga orang yang benar-benar mencari saja yang akan melakukan klik terhadap iklan.

Namun analisa week ono week ini masih terlalu dini untuk diambil kesimpulan, karena jika dilihat dari grafiknya perubahan yang terjadi yaitu penurun nilai CPC pada report Adwords ini baru terjadi setelah hari kelima perubahan budget harian maksimal. Jadi saya kita masih perlu menunggu hingga dua minggu(asumsi) lagi apakah perubahan ini pasti akibat modif dua parameter yang disebutkan di awal.

Sabar Bray
(Ini adalah ulasan untuk penurun biaya CPC google Adwords yang hanya tampil pada Search Network Only).

Standard

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s