Buku Harian

Fesbuk is Jancuk

Berlama-lama di fesbuk adalah penyia-nyiaan waktu hidup. Fesbuk tidak menghasilkan apa-apa jika kita hanya sebagai pengguna seperti yang diingginkan fesbuk. Web/blog menghasilkan pemasukan dari iklan, fesbuk walaupun sudah ada Instant article dan video berbayar tetap tidak menjanjikan.

Fesbuk adalah tempat berinteraksi mencari jaringan sesama orang yang memiliki kesamaan ketertarikan(intrest). Dengan begitu kita bisa berjualan dengan menarget kumpulan orang dengan intrest tertentu. Kalau tidak ada produk yang mau dijual atau tidak mau jualan jangan harap mendapat pemasukan dari Fesbuk.

Lebih baik jadi content creator di platform web dan youtube jangan di fesbuk.

Kemarin saya membaca tentang research keyword, pelajaran dasar yang sudah saya kenal sejak lebih dari 10 tahun yang lalu. Sebuah langkah yang wajib dilakukan oleh setiap bloger.

Dalam research keyword ada beberapa tipe keyword, salah satunya adalah informational keyword. Keyword yang diketik oleh orang-orang yang mencari suatu informasi tentang “how-to”. Keyword seperti ini volumenya besar tapi nilai cpc-nya kecil. Alias nggak bagus dipandang dari sisi bisnis, karena orang-orang yang mencari info “how-to” tidak beritikad untuk membeli sebuah produk.

Tapi orang-orang yang mencari info how-to saat ini banyak loncat ke Fesbuk. Mereka mencari jawaban atas pertanyaan how-to di group-group dan page Fesbuk. Dalam hal ini Fesbuk menjadi rival Mbah Gugel dalam menjadi wadah mencari Informasi How-to.

Tapi Fesbuk itu kan user generated content. Sekalinya ada yg bertanya ke group yang tepat maka ada puluhan orang Indonesia yang bersedia menjawab. Walaupun si Penanya tetap harus pusing mem-filter jawaban-jawaban yang disampaikan dalam pertanyaan tersebut.

Namanya jg orang Indonesia senang berinteraksi dan membantu maka jawaban yang dilemparkan dari sebuah pertanyaan akan banyak. Padahal, ingat orang yang bertanya ini tidak bagus di mata bisnis ya, karena tidak beritikad untuk spending money.

Dan hebatnya saya,, saya punya page yang niatnya untuk berjualan tapi malah menjadi tempat orang-orang bertanya mengenai how-to ini. Saya harus menjawab banyak pertanyaan yang berulang dan membosankan dari orang-orang penanya di Fesbuk yang malas gugling ini. SHiiiiitttt!

So, jangan fesbukan kalau anda tidak jualan. Fesbuk untuk jualan. Menggoda orang dengan demografi dan intrest tertentu. Titid, eh salah. TITIK.

Standard

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s