Buku Harian

Kenalan Sumber Traffic Youtube

Sekitar dua tahun yang lalu malam hari jam 21.00 saya menuju Klaten menggunakan motor tua saya. Tujuannya adalah main ke tempat teman lama yang sudah jarang bertemu. Malam itu kami  ngobrol mengenai adsense Youtube, dia dan saya sudah kenal lama dengan dunia Adsense, namun adsense website bukan Youtube.

Dia bicara sekarang jadi youtuber auto kaya karena nilai pendapatannya besar. Saya yang sudah sedikit belajar Youtube sejak 2015 menimpali,, sebenarnya pendapatannya nggak jauh beda dengan pendapatan Adsense Website. Saya menjabarkan perbandingan dari jumlah traffic website sekian, potensi yang klik iklan sekian, dan berdasar nilai cpc-nya rata-rata dapet berapa.

Lalu saya bandingkan dengan pendapat adsense Youtube saya. Video View sekian, pendapatan adsense youtube dari iklan yang ditonton berapa. Jika sama-sama dihitung dari jumlah view-nya relatif sama, walaupun pendapatan adsense web adalah dari klik namun jika ditarik dari jumlah view-nya relatif sama.

Kunci Besarnya Pendapatan Youtube

Lalu apa yang menjadi kunci besarnya penghasilan Youtube? Kuncinya adalah jumlah tayang atau video yang ditonton sangat besar, kalau jumlah tayangannya sedikit ya pendapatannya juga nggak beda dari Adsense Website. Lalu bagaimana bisa video memiliki jumlah tayangan yang sangat besar?

Kuncinya ada di Sumber Traffic Video, seperti yang dijelaskan Goolge di Sini. Jika orang bisa membaca halaman website kita karena dia ada usaha mencari/googling, maka orang menonton Youtube bisa karena dia mencari atau bisa juga karena dia direkomendasikan di halaman Youtube. Nah karena direkomendasi lalu thumbnail-nya menarik dan tema-nya sesuai dengan ketertarikan kita maka jumlah tayangannya bisa naik.

Ada orang yang membuat Youtube berisi hiburan, tidak perlu judul, tag dan deskripsi dengan target keyword ternentu asalkan isi videonya menarik plus thumbnail dan judulnya juga menarik maka bisa booom jumlah view-nya.

Namun adapula yang optimasi di SEO video youtubenya karena contentnya berjenis tutorial atau info maka bisa naik jumlahnya. Namun diantara kedua jenis video tersebut yang bisa meledakan jumlah view video-nya adalah yang entertainment video karena direkomendasikan oleh youtube. Alias di tonton karena bukan karena niat sengaja dicari tapi ditampilkan memang menghibur sesuai kalangan tertentu.

Nah berikut ini adalah sumber-sumber traffic yagn menyebabkan video kita dapat ditonton oleh pemirsa:

  • Fitur jelajah
    Traffic dari layar utama, feed subscription, tonton nanti, dan fitur penjelajahan lainnya.
  • Halaman channel
    Traffic dari channel YouTube Anda atau channel YouTube lainnya.
  • Kartu kampanye
    Traffic dari kartu kampanye pemilik konten.
  • Layar akhir
    Traffic dari layar akhir kreator.
  • Shorts
    Traffic dari pengalaman menonton vertical Shorts.
  • Notifikasi
    Traffic dari notifikasi dan email yang dikirim kepada subscriber Anda.
  • Fitur YouTube lainnya
    Traffic dari dalam YouTube yang tidak masuk ke dalam kategori lain, seperti penayangan dari promosi Partner, atau dasbor.
  • Playlist
    Traffic dari playlist mana pun yang menyertakan salah satu video Anda. Ini dapat berupa playlist Anda sendiri atau playlist pengguna lain. Traffic ini juga mencakup “Video yang disukai” pengguna dan playlist “Video favorit”.
    Anda dapat melihat playlist tertentu yang mendorong traffic ke video Anda di kartu “Asal traffic: Playlist” pada tab Jangkauan.
  • Rekomendasi video
    Traffic dari rekomendasi yang muncul di samping atau setelah pemutaran video lainnya, serta dari link pada deskripsi video. Anda dapat melihat video tertentu di kartu “Asal traffic: Rekomendasi video” pada tab Jangkauan.
  • Kartu video
    Traffic yang berasal dari kartu di video lain.
  • Iklan YouTube
    Jika video Anda digunakan sebagai iklan di YouTube, Anda akan melihat “iklan YouTube” sebagai asal traffic.
    Perhatikan bahwa penayangan dari iklan yang dapat dilewati dengan durasi lebih dari 10 detik hanya dihitung jika ditonton selama minimal 30 detik atau sampai selesai. Iklan yang tidak dapat dilewati tidak memenuhi syarat sebagai penayangan di YouTube Analytics.
  • Penelusuran YouTube
    Traffic dari hasil penelusuran YouTube. Anda dapat melihat istilah penelusuran tertentu di kartu “Asal traffic: Penelusuran YouTube” pada tab Jangkauan

Jadi kita sudah tau begitu banyak sumber traffic Youtube. Kenapa bisa sebgitu banyak? Karena sifat dasar dari video adalah kita disuguhkan atau disuapin, berbeda jika kita googling lalu kita membaca maka ada effort lebih dari hal tersebut.

Standard

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s