Buku Harian Wordpress

Tahap menulis

Menulis dengan teknik Reader Oriented.

  1. Pahami User Intens.
    Pahami user intens dari para calon pembaca yang mencari kata kunci tersebut.
    Pahami dengan betul maksud dari pembaca mencari kata kunci tersebut di kolom pencarian gool itu untuk apa?

    Caranya dengan melakukan penelusuran sendiri di Google dengan kata kunci tersebut. Lihat hasil pencarian yang tampil di halaman pertama google itu apa saja. Karena biasanya jenis atau tipe conten seperti itulah yang dibutuhkan dan dicari oleh calon pembaca.

    Karena seperti kita tahu, jenis konten saat ini bukanlah artikel blog saja. Bisa hasil marketplace berupa produk, google my bussines, video atau snippet. Dari yang muncul dibagian teratas itulah jenis content yang biasanya paling diterima oleh pencari.
  1. Menyusun kerangka tulisan
    Setelah kita tahu apa sih yang sebetulnya ingin diketahui oleh calon pembaca, maka kita merancang kerangka tulisan tersebut.

    Cari tahu kebutuhan pembaca. Lalu temukan jawabannya. Ada satu point jawaban utama, lalu kembangkan ke point-point yang related dengan point utama tersebut.

    Tujuannya bahwa saat pembaca ingin mengetahui point utama tersebut kita dapat mengulas beberapa point terkait(related), sehingga durasi pembaca bertahan lebih lama saat membuka halaman website kita. Akan lebih baik jika ternyata point2 tambahan tersebut juga merupakan fakta terkait yang menarik sehingga dapat bermanfaat karena menambah wawasan si pembaca.
  1. Merangkai Kata
    Paragraf satu dan dua adalah memancing pembaca dengan memberi gambaran pengantar menganai ulasan dari isi tulisan akan mencakup apa. Sehingga membaca merasa sudah berada di tempat yang tepat untuk mencari solusi dan akan melanjutkan membaca hingga paragraf selanjutnya.

    Baru mulai paragraf 3 dan selanjutnya berisi inti dari tulisan. Inti dari tulisan berisi materi yang sudah kita riset sebelumnya dan kita rancang struktur tulisannya.

    Pargaraf terakhir. Ini lebih sebagai rangkuman dan penutup. Jika pembaca bisa membaca hingga paragraf terakhir ini berarti mereka benar2 akan haus terhadap topik yang kita ulas. Dan ulasaan kita benar2 mengobati dahaga mereka atau bahkan dahag tersebut belum terpuaskan. Sehingga mereka berpotensi untuk membaca related article yang kita siapkan link-nya dibagian bawha artikel sehingga jumlah page view harian akan semakin tinggi
Standard

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s